Saturday, August 6, 2011

Mengenai Kompleks Gedung World Trade Center




World Trade Center, Maret 2001 - Mengenal Kompleks Gedung World Trade Center (WTC) - www.simbya.blogspot.com
World Trade Center, Maret 2001
World Trade Center di New York City itu telah menjadi korban serangan brutal dan tak berperikemanusiaan pada tanggal 11 September 2001. Dan kini hanya tinggal kenangan saja tentang sebuah gedung pencakar langit yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia.

Simbya kali ini akan membahas gedung-gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Sebagai penghormatan kepada Gedung WTC, kita mulai serial pencakar langit ini dengan membahas World Trade Center di New York City (secara informal kadang disebut WTC atau Menara Kembar). World Trade Center adalah suatu kompleks gedung yang terdiri dari tujuh bangunan, sebagian besar didesain oleh arsitek Jepang-Amerika, Minoru Yamasaki dan dibangun oleh Port Authority of New York and New Jersey. Pembangunannya dirintis oleh Lower Manhattan Association yang didirikan dan diketuai oleh David Rockefeller, dengan dukungan kuat dari saudaranya, Nelson Rockefeller, yang kelak menjadi gubernur New York.



Denah Komplek World Trade Center sebelum pengeboman - Mengenal Kompleks Gedung World Trade Center (WTC) - www.simbya.blogspot.com
Denah Komplek World Trade Center
sebelum pengeboman.
Kompleks yang berlokasi di jantung pusat distrik finansial New York City ini memiliki 1.24 juta m² ruang perkantoran, hampir empat persen dari keseluruhan luas ruang perkantoran yang tersedia di Manhattan. World Trade Center yang dikenal dengan Menara Kembar 110 lantainya ini mengalami kebakaran pada 13 Februari 1975 dan serangan bom pada 26 Februari 1993. Ketujuh bangunan asli kompleks hancur pada Serangan 11 September 2001: WTC 1,WTC 2 (Menara Utara dan Selatan), WTC 3(Hotel Marriott) hancur karena runtuhnya WTC 1 dan WTC 2; sedangkan WTC 4, WTC 5, dan WTC 6 mengalami kerusakan yang tak dapat diperbaiki hingga akhirnya terpaksa dihancurkan, dan WTC 7 yang akhirnya hancur juga dengan mencurigakan..





World Trade Center Lama



World Trade Center 1 (Menara Utara)


World Trade center 1 atau Menara Utara selesai dan dibuka pada tahun 1972 dengan ketinggian 417 m ( 1.368 kaki), dan memiliki antena telekomunikasi di atapnya dengan ketinggian 360 kaki. Alamat bangunan ini World Trade Center 1 dengan Kode Pos 10048. Bangunan ini hancur bersama dengan Menara Selatan pada Serangan 11 September 2001.Menara Utara adalah menara pertama yang ditabrak pesawat pada pukul 08:46 dan menara kedua runtuh pada 10:28. Tidak ada seorang pun selamat di lantai 92.

Pada lantai 106 dan 107 dari bangunan ini adalah sebuah restoran yang terkenal yang disebut Windows on the world. Karena radiasi dari radio dan TV transmisi, bagian atap hanya bisa diakses oleh staf tertentu.


World Trade Center 2 (Menara Selatan)


World Trade Center 2 atau Menara Selatan selesai dan dibuka tahun 1973 dengan ketinggian 415 meter ( 1.362 kaki) , dibedakan dari Menara utara oleh dek observasi dan tidak adanya antena televisi. Alamat bangunan ini World Trade Center 2 dengan Kode Pos 10048. Menara ini hancur bersama dengan Menara Utara (World Trade Center 1) pada Serangan 11 September 2001. Menara Selatan adalah menara kedua yang ditabrak pesawat dan menara pertama yang runtuh.

Di lantai 107 gedung ini merupakan atraksi wisata yang populer disebut Top of the World Trade Center Observatories. Atap Menara Selatan adalah dek pengamatan yang dapat diakses oleh publik dan helipad yang berada di tengah atap.


World Trade Center 3 (Hotel Marriot World Trade Center)


World Trade Center 3 atau Marriott World Trade Center adalah bangunan hotel berlantai 22 dengan 825 kamar. Dibuka pada tahun 1981 sebagai International Vista dan terletak di Komplek World Trade Center di New York City. Vista adalah nama merek di mana hotel Hilton International dioperasikan di Amerika Serikat selama periode berjalan ketika mereka adalah perusahaan terpisah dari Hilton Hotels Corporation. Vista Hotel adalah hotel pertama yang dibuka di Lower Manhattan sejak 1836. Bangunan ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill dan awalnya dimiliki oleh Port Authority of New York dan New Jersey. Bangunan ini dijual pada tahun 1995 kepada Host Marriott Corporation setelah Gubernur George Pataki di New York dan Christine Todd Whitman New Jersey ditekan pejabat Port Authority untuk menjual aset yang kurang menguntungkan.

Hotel ini terhubung ke Menara Utara dan Menara Selatan dan banyak orang melalui hotel untuk menuju ke Twin Towers. Hotel ini memiliki beberapa perusahaan termasuk Greenhouse Cafe, Tall Ships Bar & Grill, Times Square Gift, The Rusia House Restaurant dan Grayline New York tours bus ticket counter, sebuah gym dan sebuah salon rambut bernama Olga. Hotel ini juga memiliki 26.000 kaki persegi (2.400 m2) ruang pertemuan, dan dianggap sebuah hotel empat-berlian oleh AAA.


World Trade Center 4


World Trade Center 4 adalah bangunan kantor rendah berlantai 9 di sudut tenggara Komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Bangunan ini rusak sebagai akibat dari Serangan 11 September 2001 dan kemudian dihancurkan.

Penyewa utama bangunan ini adalah Deutsche Bank ( Lantai 4, 5 , dan 6) dan New York Board of Trade (Lantai 7,8, dan 9).


World Trade Center 5


World Trade Center 5 adalah bangunan rendah berlantai 9. dibangun pada tahun 1970-1972 di World Trade Center New York. Bangunan ini mengalami kerusakan parah dan keruntuhan parsial pada lantai atas sebagai akibat dari Serangan 11 September 2001. Seluruh bangunan dihancurkan pada bulan Januari 2002 sebagai bagian dari proyek penghapusan World Trade Center.

WTC 5 adalah sebuah gedung perkantoran berbingkai baja. Struktur bangunan ini berbentuk " L " dan menempati sudut timur laut dari komplek World Trade Center. Secara keseluruhan dimensi adalah 330 dengan 420 ft (100 dengan 130 m ), dengan luas rata-rata sebesar 120.000 kaki persegi ( 11.000 m² ) per lantai.


World Trade Center 6 (US Customs House)


World Trade Center 6 atau US Customs House bangunan berlantai 8 dengan luas 537.693 kaki persegi ( ² 49.953 m ) terletak di Komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Konstruksi bangunan ini selesai pada tahun 1975. Bangunan ini hancur pada 11 September 2001 karena runtuhnya World Trade Center 1 dan World Trade Center 2.

Puing dari Menara Utara jatuh di sekitar WTC 6, dan menggali kawah jauh ke ruang bawah tanah gedung. Reruntuhan bangunan ini dihancurkan untuk membuat jalan bagi rekonstruksi. AMEC Konstruksi menangani pembongkaran, di mana bangunan itu melemah dan kemudian menarik turun dengan kabel. Tidak ada jelas nangunan World Trade Center 6 di masterplan World Trade Center yang baru, meskipun baik 99 Church Street Tower atau Goldman Sachs mungkin dinamai WTC 6 di masa depan.


World Trade Center 7


World Trade Center 7 adalah sebuah gedung berlantai 48 yang dirancang oleh Emery Roth and Sons dengan warna merah granit fasad. Bangunan ini memiliki ketinggian 610 kaki (186 m), dengan tanah trapesium dengan panjang 330 ft (101 m) dan lebar 140 kaki (43 m ). Pada bulan Maret 1987, gedung dibuka dan menjadi struktur ketujuh World Trade Center. Sebuah jalan ditinggikan menghubungkan bangunan kepada World Trade Center plaza. Bangunan ini terletak di atas gardu listrik Consolidated Edison ( Con Ed ). Ketika gedung dibuka pada tahun 1987, Silverstein mengalami kesulitan menarik penyewa. Pada tahun 1988, Salomon Brothers menandatangani sewa jangka panjang dan menjadi penyewa utama gedung. Pada tanggal 11 September 2001, World Trade Center 7 rusak karena puing ketika Menara Utara runtuh. puing juga tersulut api, yang terus membakar sepanjang sore itu di lantai bawah bangunan dan bangunan runtuh pada pukul 05:21:10. Keruntuhan dimulai ketika kolom kritis di lantai 13 tertekuk dan memicu kerusakan struktur keseluruhan. ***



Sumber: http://simbya.blogspot.com/2011/05/mengenal-kompleks-gedung-world-trade.html#fji1312683228541

No comments:

Post a Comment